Rabu, 22 Oktober 2014
Home Berita Internasional PLN Temukan Energi Alternatif PLTGL Sistem Bandul
PLN Temukan Energi Alternatif PLTGL Sistem Bandul PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Selasa, 26 April 2011 17:57
Jakarta, Tambangnews.com.- Pusat Penelitian dan Pengembangan PT PLN (Perusahan Listrik Negara) Persero menemukan energi alternatif Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut (PLTGL) sistem bandul sebagai pembangkit  listrik yang tepat  untuk diaplikasikan di laut seluruh Indonesia.

“Indonesia merupakan negara maritim yang terdiri atas pulau-pulau, untuk itu PLTGL diharapkan dapat menjangkau kelistrikan di seluruh kepulauan tersebut,” kata peneliti dari Puslitbang Ketenagalistrikan PT PLN Zamrisyaf di Jakarta, Selasa (26/4).

Zamrisyaf menjelaskan Indonesia memiliki panjang pantai 81.000 km dan 10 persen akan dimanfaatkan PLN untuk menghasilkan potensi  61 giga watt atau 61.000 mega watt. Sedangkan potensi gelombang 140 mega watt.

“Gelombang berpotensi  mulai dari barat Sumatera, Pantai Selatan Jawa dan yang mengarah ke Samudera Hindia memiliki potensi karena gelombangnya cukup besar”, katanya.

Mengenai investasi, dia menekankan teknologi mengapung dipermukaan tidak cukup mahal yakni sebesar Rp2000 dolar per kw hampir sama dengan investasi membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTM).

Ketika ditanya kapan PLN akan menggunakan pembangkit ini, dia menyatakan pemerintah telah mulai menggali dari laut. Diapun cukup optimis karena menurutnya energi ini sangat akrab dengan lingkungan.

Prospek sangat baik dan energi primer tersedia, untuk negara luar seperti Denmark, Skotlandia, Jepang, dan Belanda telah menggunakan PLTGL, ucapnya.

Sementara itu General Manager PLN wilayah Maluku dan Maluku Selatan, Nyoman S. Astawa menyambut baik proyeksi temuan energi alternatif PLTGL. Menurutnya,  wilayah seperti Maluku dan Maluku Utara sangat tepat untuk memajukan potensi PLTGL.

Namun untuk realisasinya, menurutnya, penerapan PLTGL tergantung PLN Pusat. “Kita hanya menunggu saja pengaplikasian dari teknologi baru tersebut,” ujarnya. (rm)


 Supaya kinerja Bupati Ɣªηƍ sekarang kebanyakan diluar daerah ini bisa maksimal silakan loby semua pihak Ɣªηƍ terkait dengan saham ini maupun proses hukum nantinya.
Saran kami juga kalau bisa kita bisa fokus saja pada proses divestasi aja dulu.(Kominfo)
SocialTwist Tell-a-Friend
 

Gold Price Update

Gas Price Update

Artikel Terkait

Komentar

 
Fahri: Kenaikan BBM Sekarang Tidak Tepat 21 Oktober 2014, 06.28 Administrator Utama
Fahri: Kenaikan BBM Sekarang Tidak Tepat
Fadli Zon: Belum Mendesak Menaikkan Harga BBM 16 Oktober 2014, 06.28 Administrator Utama
Fadli Zon: Belum Mendesak Menaikkan Harga BBM
DR RI: Kalteng Selalu Kesulitan BBM 16 Oktober 2014, 06.22 Administrator Utama
DR RI: Kalteng Selalu Kesulitan BBM