Rabu, 22 Oktober 2014
Home Berita Nasional PIM Terima Pasokan LNG Tangguh
PIM Terima Pasokan LNG Tangguh PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Rabu, 27 Februari 2013 20:40

Jakarta, Tambangnews.com.- PT. Pupuk Iskandar Muda (PIM) menerima pasokan gas alam cair (LNG) dari Tangguh, Papua Barat, melalui mekanisme pengalihan (swap) kargo Arun-Tangguh. Dengan mekanisme swap, Kilang LNG Arun akan mengalihkan alokasi gas yang seharusnya ke pembeli Korea, Kogas, kepada PIM melalui pipa. Hal ini dilakukan karena PIM tidak mempunyai fasilitas terminal penerimaan LNG dan kapal LNG untuk mengangkut kargo dari Tangguh ke PIM. Sebagai gantinya, dengan alokasi gas yang sama, Kilang LNG Tangguh akan mengapalkan LNG ke Kogas.

Surat Kesepakatan (letter of agreement) mekanisme pengalihan kargo pertama itu ditandatangani oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), PT. Pertamina (Persero), ExxonMobil Indonesia, PIM dan BP Berau Ltd pada Senin, 25 Februari 2013.

Deputi Pengendalian Komersial SKK Migas, Widhyawan Prawiraatmadja mengatakan, dengan kesepakatan ini, untuk pertama kalinya gas Tangguh diperuntukkan untuk konsumen domestik. Tahun ini dialokasikan 6 kargo dari Kilang Tangguh untuk PIM. Jadi walaupun PIM tidak mempunyai fasilitas penerima LNG, tetapi gas dari Tangguh sudah dapat dimanfaatkan untuk kepentingan konsumen domestik, dalam hal ini sebagai bahan baku pupuk.

Dijelaskan, alokasi kargo LNG Tangguh tersebut berasal dari pengalihan kontrak dengan Sempra. Total yang dialihkan untuk kebutuhan domestik tahun 2013 sebanyak 20 kargo.

“Ini komitmen kami memprioritaskan pasokan gas untuk domestik,” katanya.(*/Rialdo R)

SocialTwist Tell-a-Friend
 

Gold Price Update

Gas Price Update

Komentar

 
Fahri: Kenaikan BBM Sekarang Tidak Tepat 21 Oktober 2014, 06.28 Administrator Utama
Fahri: Kenaikan BBM Sekarang Tidak Tepat
Fadli Zon: Belum Mendesak Menaikkan Harga BBM 16 Oktober 2014, 06.28 Administrator Utama
Fadli Zon: Belum Mendesak Menaikkan Harga BBM
DR RI: Kalteng Selalu Kesulitan BBM 16 Oktober 2014, 06.22 Administrator Utama
DR RI: Kalteng Selalu Kesulitan BBM
Pertamina Operasikan SPBT Vi-Gas di Mabes TNI Cilangkap 14 Oktober 2014, 14.24 Administrator Utama
Pertamina Operasikan SPBT Vi-Gas di Mabes TNI Cilangkap