Minggu, 27 Juli 2014
Home Berita Utama PTBA Serahkan Bantuan Rp10 Milyar Untuk Pembangunan Gor Muara Enim

Daerah

 
PTBA Serahkan Bantuan Rp10 Milyar Untuk Pembangunan Gor Muara Enim PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Minggu, 28 Juni 2009 20:30
Tanjung Enim, Tambangnews.com.- PT Bukit Asam (Persero) Tbk (PTBA) menyerahkan bantuan lanjutan pembangunan Gedung Olah Raga (GOR) Muara Enim senilai Rp 10 Milyar kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim.

Berita acara serahterima bantuan tersebut ditandatangani oleh Direktur SDM dan Umum PTBA, Mahbub Iskandar dan Plt. Bupati Muara Enim, Muzakir Sai Sohar, bertempat di Operation Room Kantor Bupati Muara Enim, Jumat (26/6) lalu.

Dalam Siaran Persnya PTBA menjelaskan,  total bantuan PTBA yang telah diserahkan kepada Pemkab Muara Enim untuk pembangunan kawasan olahraga Muara Enim seluruhnya mencapai Rp 25 Milyar. Bantuan tersebut diberikan secara berkesinambungan mulai tahun 2006 sampai dengan 2008 senilai Rp 5 milyar per tahap.

Direktur SDM dan Umum Mahbub Iskandar mengatakan, peningkatan kontribusi dalam pembangunan GOR Muara Enim tahun ini tidak terlepas dari meningkatnya kinerja keuangan perusahaan tahun 2008. “Pada tahun 2008 lalu, total pendapatan pemerintah dari PTBA melalui pajak langsung, pajak tidak langsung, dividen, penerimaan negara bukan pajak, kontribusi (SWP3D) kepada Pemprov Sumsel, Pemkab Muara Enim, Pemkab Lahat dan Pemprov Lampung serta sumbangan lainnya mencapai Rp 1,3 triliun,” ujarnya.

Kemudian, kata Mahbub, berdasarkan hasil RUPS Tahun Buku 2008 yang berlangsung pada 28 Mei 2009 lalu, PTBA juga membagikan keuntungan perusahaan tahun 2008 melalui dividen kepada pemerintah dengan total nilai sebesar Rp 565,6 milyar. “Dari jumlah tersebut, dividen untuk pemerintah pusat sebesar Rp 555,2 milyar, Pemprov Sumsel sebesar Rp 7,9 milyar dan untuk Pemkab Muara Enim sebesar Rp 2,5 milyar. Nilai dividen yang diterima pemerintah pusat dan daerah tersebut didasarkan persentase kepemilikan sahamnya di perusahaan.”

Sebagai perusahaan yang senantiasa konsisten melaksanakan tanggung jawabnya kepada masyarakat dan lingkungan sekitar, PTBA saat ini telah melaksanakan beberapa bidang program yakni bidang ekonomi, sosial, dan Lingkungan.

Kegiatan di bidang ekonomi dilaksanakan melalui program Kemitraan Perusahaan dengan para pengusaha Kecil dan Koperasi. Kegiatan di bidang Sosial direalisasikan melalui program Bina Lingkungan, sedangkan untuk bidang Lingkungan dilaksanakan melalui program kegiatan penghijauan yang dinamakan Green Mining Program.

Pelaksanaan program CSR untuk bidang Sosial terdiri atas bantuan Pendidikan/pelatihan, Kesehatan, Pengembangan Sarana-Prasarana Umum, Sarana Ibadah dan Pelestarian Alam. Untuk tahun 2008 saja, dana yang telah direalisasikan untuk bidang ini di wilayah Sumsel adalah sebesar Rp 15,89 Milyar. Dari jumlah tersebut 91 % diantaranya atau sebesar Rp 14,56 Milyar direalisasikan untuk program bidang sosial di Kabupaten Muara Enim dan Lahat.

Untuk program CSR bidang Ekonomi, pada tahun 2008 lalu telah terealisasi penyaluran dana kemitraan di Wilayah Propinsi Sumsel sebesar Rp 6,18 Milyar. Dari jumlah dana kemitraan tersebut 64 % diantaranya atau sebesar Rp 3,98 Milyar disalurkan kepada Usaha Kecil dan Koperasi dalam bentuk dana pinjaman lunak serta dana pembinaan di daerah Kabupaten Muara Enim dan Lahat, meliputi usaha di sektor-sektor industri, perdagangan, peternakan, perikanan dan sektor jasa.

Kemudian untuk Program CSR Bidang Lingkungan, khususnya di UPTE yang meliputi daerah Muara Enim dan Lahat, pada tahun 2008 lalu telah dilaksanakan beberapa kegiatan antara lain: penataan dan reklamasi lahan pasca tambang (penanaman pohon penghijauan) seluas 181 Ha atau 164,6 % dari rencana seluas 110 ha, pengkayaan tanaman sebanyak 61.555 batang, bantuan bibit tanaman produktif dan tanaman buah-buahan kepada masyarakat desa sebanyak 5.500 batang serta penanaman sebanyak 73.692 pohon di lingkungan luar lokasi tambang dalam program Green Mining bersama masyarakat.

Mahbub berharap, mudah-mudahan saja kewajiban dan kontribusi PTBA di masa depan akan lebih baik dari yang sudah ada. Walaupun pergerakan harga di dunia sedikit mengganggu. Karena dari hasil kinerja perusahaan di masa-masa yang sulit ini bisa dilalui dengan baik. Semua ini juga berkat bantuan dari seluruh pihak di pemerintahan kabupaten Muara Enim.

Sementara itu Plt Bupati Muara Enim, Muzakir Sai Sohar mengatakan kawasan olahraga Muara Enim yang dikenal dengan nama GOR Pancasila tersebut, kini telah diubah namanya menjadi Stadion Utama Sekundang Bara.

”Bantuan lanjutan pembangunan Stadion Utama Sekundang Bara sebesar Rp 10 miliar yang diserahkan oleh PTBA ini akan dialokasikan ke APBD tahun 2009. Untuk selanjutnya kami sudah merencanakan pembangunan yakni arsitektur, pemasangan rumput, lapangan basket dan voli. Dan pada 2010 mendatang direncanakan untuk membangun lapangan tenis indoor dan outdoor, lapangan futsal dan panjat dinding,” ujarnya.

Muzakir berharap dengan dibangunnya sarana dan prasarana olahraga di kabupaten Muara Enim, kaum muda dapat leluasa memanfaatkan dan mengembangkan kemampuannya di bidang olahraga yang akhirnya dapat melahirkan atlit-atlit olahraga yang handal dan dapat membanggakan daerah khususnya kabupaten Muara Enim.(*/tn03)
SocialTwist Tell-a-Friend
 

Gold Price Update

Gas Price Update