Kamis, 24 Mei 2012
Home Berita Utama Masyarakat Riau Resahkan Keberadaan KONSUIL
Masyarakat Riau Resahkan Keberadaan KONSUIL PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Rabu, 21 April 2010 14:52
Jakarta, Tambangnews.com.- Ketua Umum DPP Real Estate Indonesia (REI) Teguh Satria meminta kewenangan Komite Nasional Keselamatan untuk Instalasi Listrik (KONSUIL) segera dicabut atau dianggap tidak berlaku lagi.

“Kewenangan KONSUIL menerbitkan dan memungut SLO seperti disebut dalam keputusan Menteri ESDM No. 1109 K/30/MM/2005 dan Surat Dirjen LPE No. 4067/45/600.4/2006 telah menimbulkan keresahan di masyarakat Riau,” tukas Teguh saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan komisi VII DPR RI, di gedung Nusantara I DPR, Jakarta, Selasa (20/4).

RDP yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi VII Zainuddin Amali (FPG), dan Effendi Simbolo (FPDIP) dengan Wagub Pemprov Riau HR. Mambang Mit, Wabup Kuansing Mursini mewakili Bupati Sukarmis, DPP Real Estate Indonesia (REI) dan Asosiasi Pemasok Garmen dan Aksesori Indonesia (APGAI).

Dirinya meminta agar instalasi yang telah dibangun dan dipasang oleh Badan Usaha (Instalatir) yang memiliki sertifikat, klasifikasi dan kalkulasi tidak perlu lagi dilaksanakan pemeriksaan dan pengujian instalasi oleh Lembaga Pengawas. “Cukup oleh PLN saja, seperti pada masa yang lalu,” katanya

“Yang penting kewenangan KONSUIL mesti dicabut, karena keberadaannya telah menimbulkan masalah dan ditentang, masyarakat sudah melakukan demo besar-besaran beberapa waktu lalu,“ ujarnya.

Teguh mengungkapan kegudahannya ketika sebanyak 16.304 Rumah Sederhana Sehat (RSS) belum dialiri listrik, karena waktu itu ada keterlambatan dari PLN. Namun saat ini PLN telah menyatakan kesiapannya, tapi ditolak oleh KONSUIL. “Rumah itu telah ada sejak tahun 2004-2006 lalu, sementara KONSUIL baru ada sejak tahun 2009. Dulu tak ada KONSUIL tak ada masalah, “ ujarnya.

            Menurut Teguh, keberadaan KONSUIL menimbulkan masalah, diantaranya  memperpanjang proses birokrasi, karena setiap instalasi yang sudah terpasang harus dilakukan pemeriksaan dan pengujian oleh mereka, biaya menjadi tinggi, pasalnya KONSUIL menetapkan pungutan ke masyarakat tanpa dasar hukum yang kuat, juga memberikan persyaratan-persyaratan tambahan yang mempunyai konsekwensi biaya (JILDAK) serta sewenang-wenang dan tidak profesional

            Menanggapi pernyataan tersebut, Anggota Komisi VII dari Fraksi Golkar Azwir Dainy Tara mengusulkan agar Komite Nasional Keselamatan untuk Instalasi Listrik KONSUIL tersebut segera dihapuskan. “Lembaga KONSUIL itu harus kita hapuskan,” tegasnya

            Sementara itu Anggota Komisi VII yang juga dari Fraksi Golkar Satya W Yudha mengatakan kemungkinan keberadaan lembaga KONSUIL tersebut untuk mengantisipasi jika nanti Undang-undang listrik yang baru diberlakukan, mengingat kemungkinan listrik adanya swastanisasi

            “Namun jika KONSUIL itu diberlakukan sekarang yang notabene masih utuh dipegang PLN, ya jelas memberatkan,” katanya. (DPR/sw)
SocialTwist Tell-a-Friend
Comments
Add New Search
Agus Sulaiman-Palembang  - TINJAU ULANG KEBERADAAN KONSUIL   |125.165.169.xxx |2010-04-29 00:55:55
Keberadaan KONSUIL sebenarnya hanya menambah panjang birokrasi pengurusan
penyambungan listrik saja. Apa gunanya PENJATEK kalau kewenangannya diambil alih
oleh KONSUIL?. Menurut saya Biro Teknik Listrik sudah cukup dengan PENJATEK nya
masing2, tanggungjawabnyapun jelas bekerja sesuai dengan PUIL 2000, bahkan ada
sanksi hukum yg juga jelas dan tegas dengan UU yang memadai. Sebelum menjadi
seorang PENJATEK, mereka diuji sertifikasinya melalui lembaga uji sertifikasi
yang sangat ketat. Sedangkan KONSUIL dimana bentuk tanggungjawabnya? Apa sanksi
hukumnya? dan apa lembaga sertifikasinya?

Untuk itu perlu ditinjau ulang
keberadaan KONSUIL yang tidak senada dengan napas demokrasi dan cita-cita
Reformasi di negeri tercinta ini.


Agus Sulaiman
INISIATOR
IKA-PALKA
SUMSEL
Ikatan Pekerja Listrik dan Mekanikal Indonesia
sandy   |125.162.126.xxx |2010-09-13 08:30:38
IKA _PALKA itu apa, landasan hukumnya apa..? jgn asal berdiri dunk,.....hanya
pelaksana aja belagu....ikatan keluarga pemungut untung besar dari masyarakat
itu arti ika palka yg sebenarnya.....
Agus Sulaiman  - KONSUIL PUTUS ASA ...   |125.165.169.xxx |2010-11-21 14:42:05

SALAM BUAT SAUDARA SANDY, SAYA MENILAI ANDA TERLALU PUTUS ASA KARENA
TIDAK KEBAGIAN "SATU JUTA PELANGGAN" DALAM 65 TAHUN HARI LISTRIK
NASIONAL 2010, AKHIRNYA JADI SEWOT KARENA TIDAK DIDUKUNG MASYARAKAT
BANYAK.
ORGANISASI KAMI RESMI DAN DILINDUNGI UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1985 TENTANG
ORGANISASI KEMASYARAKATAN.
MUNGKIN ANDA PERLU KEMBALI KE BANGKU SEKOLAH DASAR
LAGI SUPAYA BISA BELAJAR LEBIH PINTER DARI CARA BERPIKIR ANDA YANG BODOH SEPERTI
SEKARANG INI...
edison  - nasionalis sejati   |114.79.59.xxx |2012-02-12 17:24:58
mari bersama2 untuk menghapus KONSUL, karena banyak rakyat kecil yg dirugikan.
instalasi rumah dipasang sendiri diijin kan PLN, tp untuk urus SLO persaratanya
instalasi hrs dikerjakan cv.
sebenarnya kan bisa dipasang sendiri , kalau memang
tdk SLO ya di kasih tahu kesalahan pemasangannya..
saya setujuuuuuuuuuuuuu
KONSUIL dihapus
mad cigot  - 5 alasan KONSUIL harus dibubarkan   |202.70.58.xxx |2010-05-17 02:37:32

5 alasan KONSUIL harus dibubarkan :

1. Biro Teknik Listrik tidak bisa
mengaplikasikan PUIL 2000 dalam pekerjaanya.Polaritas kebalik aja SLO ga
keluar,malah suruh bayar lagi..
2. PENJATEK dari dulu kan kerjaanya hanya tanda
tangan JIL saja,kalo ada KONSUIL ya jadi ketahuan dong..
3. Asal ada uang
Sertifikat PENJATEK juga langsung jadi dan ga perlu ujian,bikin pusing aja..yg
penting kalo ada apa2 kan gampang soalnya dibekali ilmu SILAT LIDAH...
4. Kalau
yang melakukan pemeriksaan orang PLN, kan dikasih uang juga langsung di ACC,
sedang KONSUIL ga ada yg mau dikasih uang..jadi susah...
5. Biro Teknik Listrik
kan cuma butuh KWHmeter,dipasang cepet dapet duit,trus kabur deh...instalasi
cuma formalitas aja yg penting nyala..makanya KONSUIL semakin mempersulit
kita..

BUBARKAN SAJA KONSUIL!!!!
KITA KAN JADI GA BISA MEMBODOHI
KONSUMEN!!
YANG PENTING UUD TERLAKSANA MEN!!!!
(UJUNG-UJUNGNYA DUIT)!!!!!
sandy   |125.162.126.xxx |2010-09-13 08:27:20
keselamatan masyarakat itu lebih penting bung, jgn hanya mengutamakan keuntungan
besar, kalau mikir pake otak, jgn pake dengkul..
Agus Sulaiman  - SETALI TIGA UANG   |125.165.169.xxx |2010-11-21 14:47:19
MANA ATURAN YG MENYATAKAN KONSUIL BERADA DALAM LINGKUP PT. PLN
(PERSERO)

BUKANNYA KONSUIL SAAT INI MISKIN ATURAN, MISKIN ADAB, MISKIN TENAGA
AHLI, MISKIN SERTIFIKASI DAN MISKIN UANG...

BUKTINYA, RUMAH BELUM BERDIRI BISA
TERBIT SLO... SETALI TIGA UANG...
ryan   |110.137.84.xxx |2011-03-20 15:25:41
bner bgt.....
keselamatan lbih pnting..
karna kan g rumah anda yg dirugikan kalo
ad terjadi sesuatu!!!
ahmad jali   |202.70.58.xxx |2010-05-18 21:23:21
peraturan ketenagalistrikan di Indonesia yang berkaitan dengan istalasi
tegangan rendah dimasyarakat, ibarat jembatan yang putus ditengah. Pengawasan
sebelum mendapat penyambungan dari PLN tidak akan ada gunanya, apabila setelah
nyala pelanggan menambah instalasinya sendiri tanpa pengawasan. Menurut saya
penerapan SLO dr Konsuil belum saatnya, apabila belum ada mekanisme pengawasan
instalasi setelah penyalaan dari PLN. Mohon agar baca
http://ylki.or.id/consults/view/238
brama  - mau dibawa kemana listrik indonesa   |118.96.144.xxx |2010-05-20 04:28:41
menurut saya......kapan masyarakat indonesia pintar,tanpa dibodohi oleh
perorangan yang notabenenya hanya mencari keuntungan sesaat saja tanpa melihat
kedepan....setiap kebijakan pemerintah dianggap salah tanpa melihat sisi mana
yang benar,buat membuktikannya mudah,konsumen skrg sdh lebih pintar dan tahu
mutu material bagus atau tidak,disitu fungsi kontrol pengawas /pemeriksaan,jadi
tak mungkin pemasang instalasi skligus sebagai pengawas,sama saja membuat soal
sendiri dan menjawabnya sendiri...tentu walaupun jelek tetep nilainya
100.....lagian memang menurut saya perlu adanya standarisasi nasional tentang
kelistrikan indonesia,bukan hanya dijadikan sebuah kitab saja tapi,utamanya hrs
diamalkan,indonesia telah tertinggal jauh dari negara tetangga,dari websitenya
apalagi konsuil itu telah masuk dalam jajaran badan yang tugasnya pengawasan
keselamatan ,tingkat dunia lagi....,wah keren tuh....dunia mengakui
keberadaann...
sidik   |202.70.58.xxx |2010-05-22 12:51:56
persyaratan SLO memang sangat positif dalam rangka mengawasi kerja instalatir
dan dalam rangka melindungi konsumen. Tetapi yang jadi masalah, tujuan adanya
SLO menjadi sia-sia, ketika tidak ada pengawasan instalasi paska penyalaan dari
PLN. Yang perlu digaris bawahi adalah: tidak ada satu institusipun yang
bertindak dan bertanggung jawab ketika masyaralat menambah instalasinya tanpa
mengikuti peraturan yang ada. Yang penting buat dulu aturan pengawasan instalasi
setelah nyala dari PLN, nah setelah itu setelah itu baru peran konsuil menjadi
efektif dan jelas. Mohon disadari bahwa perilaku aman di masyarakat pengguna
listrik itu masih rendah. Mereka lebih suka nambahin sendiri instalasinya tanpa
melalui badan usaha penunjang yang sah. Dan sampai sekarang belum ada solusi
untuk mencegah tindakan itu..paling-paling hanya sosialisasi tanpa ada sanksi
yang jelas jika melanggar. Oleh karena itu lebih baik kebijakan SLO ditunda
dul...
RERE DEWY  - komentar   |118.96.252.xxx |2011-02-08 07:37:12
adanya konsuil bukan masalah karena konsuil sangat membantu masyarakat dalam
proses pemeriksaan instalasi oleh instalatir yang memasang, sebenarnya yang di
sayangkan kenapa instalatir hanya memasang disebagian ruangan saja, seharusnya
yang namanya pemasangan instalasi itu diseluruh ruang, bukan hanya disebagian
saja, bagi konsuil kalo saja kandang ayam pemilik konsumen di kasih instalasi
pun pasti konsuil periksa. jadi sebenarnya siapa dan knapa instalasi tidak
sekalian di pasang dan di uji oleh konsuil agar tidak 2 x kerjaan.
agus   |180.214.232.xxx |2011-02-11 06:05:13
mbk/bu,jgn nyalahkan instalatir aja dunk,kalo dipsg semua,yg py rmh mau byr
gak,makanya gak dipsg semua krn sdh ada jatahnya tiap2 psg baru jatahnya brp
titik
tardjo   |110.139.46.xxx |2010-05-20 19:02:13
Penaggung jawab teknik kerjanaya hanya duduk, ttd dpt duit gmn mau mengawasi
kerjaan anak buah bener gak? bahkan kalo di tanya lokasinya dmn aja gk tau dasar
mata duitan
sandy   |125.162.126.xxx |2010-09-13 08:33:34
bener bgt tu bro, kadang2 jg tanda tangan pejatek d palsukan olh direktur, jd d
mn tanggung jawab PENJAHAT TEHKNIK...OUPS SALAH PENANGGUNG JAWAB TEHNIK...
al faruq  - dukungan konsuil   |202.70.58.xxx |2010-05-27 01:04:47
fungsi konsuil sbnarnya sdh jls...melakukan pengawasan terhadap instalasi milik
pelanggan,tapi sayang cm pelanggan psng baru aja yang diperiksa,pdhal dari yang
saya ketahui,konsuil jg sbnarnya memiliki domain untuk memeriksa instalasi
lama,tambah daya,atau instalasi berumur 15th / lbh,jadi kbrdaannya hrs kita
dukung,dari hulu {pasang baru}sdh ok,tinggal hilir {instalasi lama}yag hrs
dibabad hbs",jadi mnrt saya hrsnya konsuil dibiayai negara/di BUMNkan
aja,agar dlm plksanaannya bs maximal,dan kbradaannya tidak jadi polemik yang
berkepanjangan....
ahmad jali   |202.70.58.xxx |2010-05-31 14:46:45
Saya dukung Pak Faruq, konsuil tak ubahnya dengan DLLAJR pada utility
transportasi. Sebaiknya Konsuil dimasukan ke dalam salah satu Dinas (sebut saja
Dinas keselamatan ketenagalistrikan) dalam pemerintahan baik pusat dan daerah.
Sehingga tidak di isi oleh para pensiunan atau semacamnya, sehingga nantinya
lebih profesional. Selain itu pemeriksaan kembali setelah 15 tahun saya anggap
terlalu lama, karena kebanyakan tidak sampai 5 tahun biasanya intalasi pelanggan
listrik akan banyak mengalami perubahan, baik kwlitas materialnya, maupun
konstruksi karena adanya penambahan instalasi. Intinya SLO itu perlu, tetapi
kita tetap membutuhkan kekonsistenan dalam pengawasan instalasi, sehingga tidak
terkesan membebani masyarakat.
oprex  - konsuil yg kasian     |125.162.59.xxx |2011-06-27 13:12:16
Weeleh2....KONSUIL mau diurus sama negara? duh negara aja masih blm becus
ngurusin yg sdh ada...kok malah ditambah lagi ngurusin KONSUIL yg nota bene
masih anak ingusan (dikasi permen eh..kegirangan)trs karywannya mau dijadiin
setara dengan PNS? weleh lebih parah lagi nih..beban APBN/APBD nambah lagi
dunk..trs apa kwalitasnya bisa di pertanggung jawabkan? YANG NGEJAMIN SIAPA BOSS
DAN APA JAMINANNYA jika KONSUIL dijadikan semacam dinas..duh...usul yg bikin
rakyar tambah sengsara..GAJI BESAR+TUNJANGAN+ SIKUT SANA+SIKUT SINI+++++++ DAN
++++ LAINYA...malah mati keenakan tuu karyawan KONSUIL..tepuk
tangaaaan.....!!!!!
AKLI.....?
Apa kabarmu...? kalau mau jadi asosiasi tu yg
bner caoba profesionallah dilapangan...jgn asal dikasih rokok sebatang trs di
ACC smua...apa anda punya jaminan klu Instalasi yg anda ACC/ pasang tdk terjadi
insident? ( kebakaran krn Listrik)ahhh yg bner aja.. apapun alasan anda tak
rasional. Skrng yg masyar...
RERE DEWY   |118.96.252.xxx |2011-02-08 07:41:29
untuk pemeriksaan instalasi listrik oleh konsuil sebenarnya tidak hanya untuk
pasang baru saja, kalo pun konsumen listrik yang sudah lbh dari 10 thn ada yang
mengajukan pemeriksaan, knapa tidak.
pailul   |202.70.58.xxx |2010-06-07 21:11:00
JAMINAN INSTALASI DALAM PROSES PASANG BARU...UNTUK APA?

Saya sebagai pelanggan
listrik, sering membaca mengenai persyaratan jaminan instalasi yang terbitkan
oleh BTL sebagai syarat dalam pasang baru listrik. Terus terang saya masih
bingung dengan adanya persyaratan tersebut. Kebingungan saya adalah :

1. Dengan
wujud sebuah dokumen Jaminan Instalasi. Sebenarnya apa sih yang menjadi bentuk
jaminan dari dokumen tersebut? apakah jaminan pemeliharaan instalasi? atau
jaminan kwalitas instalasi? lalu apa yang menjadi tanggung jawab BTL apabila
terjadi korsleting pada instalasi yang menyebabkan kecelakaan kesetrum atau
kebakaran?.....


2. Apabila jaminan tersebut sebagai pernyataan bahwa
instalasinya LAYAK di aliri listrik, bukankah PLN sudah mendapatkan pernyataan
tersebut dari KONSUIL?

3. Apapun juga dengan adanya Jaminan Instalasi ini akan
menambah biaya yang menjadi beban pelanggan, lalu apa nilai tambah yang akan
diterima ...
rere dewy   |118.96.252.xxx |2011-02-08 07:46:51
gimana mau menjamin pa, orang kadang yang menjaminnya aja ga tau rumah bapak
toh.
Anonymous   |182.2.14.xxx |2010-07-30 02:20:47
klo gak merasa bersalah gak usah dipermasalahkan !!!
daan  - konsuil   |110.138.207.xxx |2010-08-17 22:55:56
KONSUIL itu menjadi besar kepala krn merasa di butuhkan apalagi di dukung oleh
PLN? KONSUIL sangat memeras masyarakat
sandy   |125.162.126.xxx |2010-09-13 08:37:33
dari segi mn konsuil itu memeras masyarakat..? bukan nya instalatir g bisa dapet
untung besar lagi dgn ada nya konsuil, selama konsuil g ada instalatir kan bisa
MEMBODOHI masayakat dgn memasang alat2 listrik yg murahan agar bisa untung
besar, maka nya keberadaan konsuil d protes instalatir berbaju masyarakat...
deden   |110.138.164.xxx |2010-10-25 15:43:45
lek konsuil dibubarkan, maka para instalatir bisa masang material yang tidak
standart SNI dirumah pelanggan.
jadi aku dukung penuh keberadaan konsuil di
indonesia.semoga konsuil tetap jaya di bumi indonesia amin...
deden   |110.138.164.xxx |2010-10-25 15:48:27
konsuil gak mungkin memeras masyarakat lagian tarif pemeriksaanpun atas
persetujuan pemerintah.
lek para instalatir narik harga dipelanggan beraneka
ragam, kenapa gak sama...sedangkan BP di PLN sama...
DML  - KONSUIL PENIPU ULUNG   |125.165.169.xxx |2010-11-21 14:35:08
BUBARKAN SAJA KONSUIL...

KAMI MENEMUKAN BEBERAPA REKAN KAMI YANG DIPERAS SAMPAI
PULUHAN JUTA GARA-GARA MINTA SLO KONSUIL. (BUKTI REKAMAN INI ADA)

SEDANGKAN
ORANG KONSUIL BISA MENGELUARKAN SLO UNTUK RUMAH YANG BELUM BERDIRI ALIAS MASIH
PONDASI DOANG...
(DATA PELANGGAN ADA BERIKUT FOTO)

COBA ANDA JELASKAN MASALAH
ITU, BUNG KONSUIL...
fortydays_2dies  - oblivious insanity     |61.94.173.xxx |2011-02-04 08:05:47
saya setuju dgn anda,,krna sblumnya saya prnh bkrja d sana...
gx mau munafik,
sangat mudah utk mendapatkan uang tambahan yg haram dari tangan instalatir
asalkan SLO mreka bs cpt kluar.belom lagi klo kmi sndiri yg masang instalasinya
dan ngurus SLO biar bs cpt kluar...WHUIHHHHHHHH MANNNCAPPPP!!!! hahaa
dlm 1 bln,
penghasilan dari kgiatan tsb bs melebihi gaji pokok.
kata2 inilah yg trjadi d
lapangan.
(Sama sama cari makan)
(Ujung2nya duit)
(Taat klo gak ad yg
liat)
untung aj skrg saya udh dpt krjaan yg lbih halal.
ALHAMDULILLAH...
buruh   |202.70.59.xxx |2010-12-04 02:46:09
Kelihatanya anda baru kena TLO ya bang
rere dewy   |118.96.252.xxx |2011-02-08 07:48:35
ngomonge ojo macem-macem oo, mangnya dah tau konsuil pa.
Naurah  - Saya jadi bingung yang berniat memeras dan membodo   |125.162.97.xxx |2010-10-25 06:05:57
YANTO  - KOMENTAR   |66.90.112.xxx |2010-10-26 08:42:46
konsuil memang dibutuhkan dimasa sekarang untuk perlindungan konsumen
listrik.
adanya konsuil saja instalatir masang instalasi listrik tidak benar
apalagi dibubarkan, tambah semrawut.itulah perlu pengawasan dari sebuah
lembaga.
berapa persenkah masarakat yang mengerti tentang listrik baik dari
material listrik ataupun dari teknik pemasangan.
jika tidak ada konsuil, justru
masarakat yang di BODOHI dengan pasangan yang tidak standar.
AKU
MENDUKUNGMU..EXIS KONSUIL.
Anonymous   |114.57.34.xxx |2010-11-15 14:09:46
KONSUIL hanya menguntungkan diri sendiri,,pikirkan masyarakat,, jgn keluarga
sendiri aja,
rere dewy   |118.96.252.xxx |2011-02-08 07:50:26
sebenarnya kalo ga da konsuil masyarakat pengguna listrik th slalu di bodohi.
ADIT   |222.124.154.xxx |2010-12-11 09:36:50
kadang kadang Kita lupa....karena tidak terawasi ...dan
...terevaluasi...akhirnya kita kehilangan banyak waktu...harta...hanya gara gara
kita tidak sabar...dan tidak mau report...kasihan yang menjadi korban kita
,kebakar rumahnya hanya gara gara seutas sambungan kabel,berapa tahun orang
menabung untuk mendirikan...jangan hanya karena untung kita berapa perak rumah
orang terbakar


Goodluck Konsuil
planggan baru   |182.4.128.xxx |2011-01-03 15:28:46
saya juga ketipu sama oknum mengatas namakan konsuil.... banyak oknum
memanfaatkan persyaratan SLO untuk mencari untung sendiri, setelah listrik nyala
orangnya menghilang.. PLN perlu ada tandingan pihak swasta agar lebih
professional...
Anonymous   |114.57.34.xxx |2011-01-23 15:02:04
bussssssset dah,,, hapus ja tu KONSUIL,,, hanya menghabiskan uang MASYARAKAT AJ
TUUUHHH,,,,
Agusss   |182.6.136.xxx |2011-03-25 19:59:59
jangan saling menjelekkan....padahal kita belum tentu bener,,,memang yang
namanya mengingatkan akan keselamatan itu penting sekali (tidak harus
konsuil)....tapi kita juga harus melihat ke calon pelanggan listrik...apakah
mereka mampu untuk membayar konsuil dan membeli alat listrik SNI,,,bagi yg
kaya!pasti ega ada masalah...nah klo yg ega mampu! harus gimana?????? apakah
mereka harus mencuri listrik yg resikonya lebih besar......dan klo kita bicara
salah,,,,semua juga salah,,baik itu AKLI maupun KONSUIL.....konsumen manasih yg
dilibatkan untuk membentuk aturan ittu????? selalu yg di bicarakan aturan
pemerintahhhh.....sebab klo kita sudah pulang kerumah,,,sama kita juga pelanggan
listrik....
andre   |182.6.136.xxx |2011-03-26 11:03:33
setuju sekali dengan pendapat bapak agus.....dengan alasan apapun klo emang
tidak mampu....pasti nekat!!!!! nah klo itu terjadi...apa yg pemerintah
lakukan...NO COMENT....jadi saran sy....kita harus bersikap realita!!!
plus_minusnya pasti ada ??? jangan pelanggan yg di korbankan... dengan alasan
peraturan...... tapi kita juga ega bisa mengabaikan tingkat kemampuan calon
pelanggan .......RASULL/NABI saja bisa bersikap lunak dan bijak,,,massa kita
sudah di contohkan ega mau ambil hikmahnya!!!!!!......nah klo KONSUIL bersikukuh
dengan aturan,dan aturan itu dipaksakan ...kemudian terjadi
kebakaran.... siapa yg paling bertanggung jawab masing2 pasti cuci tangan
yang pada akhirnya pasti Itu musibah dan kehendak yg Maha kuasa....tapi klo yg
Maha Kuasa berkehendak lain...sebagian pelanggan yg instalasinnya acak acakan!!!
toh tidak terjadi apa apa!!!!! sebenernya bagi ALLAH itu tidak ada
yg t...
andre   |182.6.136.xxx |2011-03-26 11:12:54
sebenarnya bagi ALLAH itu tidak ada yg tidak mungkin.....pihak tertentu saja yg
mempermasalahkan masalah!!!!!!sebenarnya KONSUIL itu benar klo di pandang dari
sudut sisi membahayakan jika instalasi itu tidak standar PLN....tapi KONSUIL
juga salah klo di pandang dari sudut memaksakan kehendak hrus sesuai aturan
konsuil....karna masyarakat itu ada yg mampu dan ada yg tidak mampu...bahkan ada
juga untuk pasang listrik saja' dananya boleh NGUTANG ke tetangga!!!! tolonglah
klo menerapkan aturan itu harus bijak.........
andika   |182.6.136.xxx |2011-03-26 11:23:43
coba klo kita lihat ke aturan pembuatan SIM...masyarakat akan dapat SIM
hanya sekali bayar..sekalipun beberapa kali tes..yg belum tentu lulus... nah klo
KONSUIL..jika itu TLO maka pelanggan di bebani pembayaran ulang!!!!~! apakah
itu yg di namakan keselamatan ke uangan pelanggan.....jadi sy pikir itu ada
indikasi memeras calon pelanggan,,,apalagi dengan nominal .....yg cukup
besar....MUDAH MUDAHAN MENTRI DAN PRESIDENNYA CEPAT GANTI...biar ada aturan baru
yg lebih bijakkkkkkk
jaka   |182.6.136.xxx |2011-03-26 11:34:57
kaya'nya menurut sy pemerintah itu makin lemah....dan semakin banyaknya para
pensiunan PLN yg membut aturan sendiri dngan berbagai alasan ...trus di ajukan
ke PLN....singkat namah numpang hiruppppp di bawah BENDERA KONSUIL....jadi
sekarang semakin banyaknya AOUT sorching/rekanan PLN...semakin banyak pula
memonopoli PLN dan calon PELANGGAN listrik.....klo KONSUIL mau ferrrr dan
transparan ke masyarakat...dana hasil dari pembayaran pelanggan ke KONSUIL itu
peruntukaannya untuk apa saja sih.....masuk kantong pribadi ato ke.....para
pejabat yg masih haus uang orang susahhhhhhh
jaka   |182.6.136.xxx |2011-03-26 11:41:37
saran sy sih untuk KONSUIL...tolong lebih bijak......1 biayanya di
perkecil ato di kurangin 2 hanya sekali bayar (kasih jeda untuk pelanggan satu
tahun setelah pemasangan) 3 jangan memonopoli para calon pelanggan dan PLN
karna aturan mentri..dengan alasan tanpa SLO aliran listrik dari PLN kepelanggan
tidak dapat di lanjutkan..........biarkan masing masing berjalan tanpa harus ada
yg di rugikan........
IKATAN PELANGGAN YG TIDAK MAMP   |182.6.136.xxx |2011-03-26 12:04:04
Untuk bung KONSUIL ega perlu menyudutkan siapapun..karn banyak juga pelanggan yg
pasang instalasi sendiri,,dengan alasan idak mampu beli yg ber MERK dan
ngongkosin orang....nah klo sudah begitu ????kebijakan apa yg di ambil oleh bung
KONSuIL..terhadap calon pelanggan...tetap ega boleh pasang listrik ke PLN dngn
KWH meter sendiri???????? klo emang itu terjadi!!!mudah mudahan cepat
kiamat untuk """""""KKOONNSSUUIILL&
#34;""""
fauzan  - tenaga pemeriksa   |64.255.164.xxx |2011-03-28 18:07:12
sebagai karyawan konsuil, saya merasa banyak sekali tekanan, pesan saya simple
aja kepada rekan2 sesama karyawan konsuil:
kuatkan imanmu, tahan godaan,
apalagi uang.., jgn langsung isi aja berkasnya!
AKU   |125.167.95.xxx |2011-05-06 18:13:59
hai saudaraku semua bila kita merenung sejenak kenapa bangasa kita selalu
tertinggal tidak ada yg bisa kita banggakan sebagai rakyat indonesia.coba kita
lihat jaman dahulu apa yg ditinggalakan oleh penjajah, bangunan apa yg tidak
tahan lama sampai turun temurun masih bisa kita gunakan,karena mereka membuat
semua itu tidak untuk 1th atw 2th tetapi mereka uji untuk ratusan th,saran saya
kerjakanlah tugas masing2 sesuai dengan fungsi masing2, jangan ikut-ikutan yg
duduk di atas sikut kanan sikut kiri karena tdk dapat jatah inilah fakta karena
kenapa bangsa kita tertinggal.pada dasarnya aturan yg di buat bangsa kita
sebenarnya sdh sangatlah baik, hanya tinggal manusianya saja cara berfikirnya
tidak sama dengan bangsa lain, moga2 alloh SWT menggantikan dgn caranya mereka2
yg tidak baik dengan orang2 yg baik aminx3
Anwar, DS  - pnjajah belanda aja melakukan care instalasi..   |110.136.244.xxx |2011-05-19 05:09:26
kawan2 profesi electrical.. penjajah belanda aja melakukan care instalasi
terhadap rmh pelanggan d negri jajahannya, termasuk indonesia saat itu.. logika
mikirnya gmn klo kt tdk setuju terhadap pemeriksaan instalasi? berarti kt lebih
kejam dari penjajah dong.. kt yang berprofesi ga' jauh2 dengan listrik harusnya
membangun kemitraan yang kuat tentu dengan tetap mengedepankan kepentingan
masyarakat tanpa mencedrai aturan perundang-undangan yang berlaku..
Frinus Sitohang  - Tim Insfeksi   |110.232.82.xxx |2011-06-10 23:42:57
"Inti Permasalahan dalam pemasangan Instalasi Listrik Pelanggan adalah Para
CV. ? Instalatir Yang TIDAK ProfesionaL, yang Suka Nego/Menipu MasaLah Harga
Pasang Baru/perubahan Daya. Yang paling Picixnya Lagi, mereka tidak perduli
dengan PUIL SNI LMK SPLN atau Tidak.. yang penting NyaLa..! Jari TengahLah Buat
Mereka pada.
Ray Ban Highstreet  - good     |59.174.192.xxx |2011-06-11 02:52:08
ozy  - teknisi   |182.8.58.xxx |2011-06-15 14:20:28
konsuil itu penting ..tpi untuk menunjang kinerja d butuhkan pemimpin yang bijak
dan penuh kedisiplinan supaya tidak lari dari aturan yang sesungguhx.setuju sama
mas fauzan
anie   |182.8.145.xxx |2011-07-05 03:36:42
hidup KONSUIL
SARINA  - mari ciptakan suasana kondusif   |118.96.137.xxx |2011-07-06 10:36:28
konsuil dan BTL itu sama2 saling membutuhkan,,,jadi bekerjasamalah!!!!
PEACE
Wen   |125.166.224.xxx |2011-12-01 02:02:12
Sangat gampang konsuil memeras konsumen. Bilang aja Tidak Layak Operasi 10x maka
konsuil akan dapat pendapatan 10x dari tarif yang sebenarnya. Kalo Mau dapet SLO
ya pasti minta tambahan sendiri. Karena instalatur mempunyai kebiasaan sendiri2
dalam pemasangannya. selama tidak ada yang membahayakan seharusnya tidak menjadi
masalah. kalo hal kecil di permasalahkan terus saya yakin 100x juka pasti TLO
jerys   |182.5.82.xxx |2011-12-12 15:17:37
banyak masyarakat yang masih awam dengan ilmu kelistrikan. sementara mereka
tidak mengerti akibat kesalahan instalsi dapat menyebabkan arus pendek yang
mengakibatkan kebakaran pada rumah sehingga merugikan pemilik rumah(harta benda
) maupun orang lain , kerugian pada peralatan kelistrikan yang digunakan untuk
fasilitas umum, merugikan negara karena harus mengeluarkan biaya untuk satuan
pemadam kebakaran, bahkan dapat menyebabkan kehilangan nyawa bagi pemilik rumah
maupun orang lain. untuk itulah perlu ada lembaga independen yang mengawasinya
yaitu Konsuil.diharapkan konsuil betul2 memegang amanah UU tersebut dan pihak
pengurus konsuil jangan memperkaya diri sendiri apabila ada uang yang masuk dari
pemeriksaan instalasi dan pengurusan SLO. perbaiki upah pekerja kalau tak bisa
diatas UMP paling tidak sesuai UMP dan berikan Hak pekerja sesuai UU
ketenagakerjaan, agar pekerja tidak bermain dilapangan, dan tingkatkan keahlian
pe...
herlina   |125.167.119.xxx |2012-01-30 04:35:07
menurut sy konsuil bermamfaat bagi masyarakat,,knp???pelanggan tdk tau
mana yg standar dia cuma taunya menyalah.justru kontraktor yg sllu membodohi
masyarakat,dia cuma taux untung..
glamour  - pelanggan pasang baru   |182.5.193.xxx |2012-02-02 13:59:21
mmg sya sbgai masyarakat awam,tpi stidaknx sya jg tau aturan msalah
kelistrikan,KONSUIL menetapkan biaya pemeriksaan dgn transparan.dan sya daftar
listrik melalui phak CV yg tak lain adalah instalatir,itupun sdh termasuk biaya
SLO.jdi smua pemasangan instalasi dipasang oleh pihak instalatir.jdi klo
pemasangan instalasi tdk standart itu ksalahan dri phak instalatir dlm arti kena
TLO.phak instalatir harus mmbayar TLO krn sya sdh mnyerahkan smua pemasangan
instalasi ke pihak instalatir.jdi pelanggan tdk perlu lgi membayar TLO,krn itu
sdah tanggung jawab phak instalatir.saya pribadi sangat setuju dgn adanx
KONSUIL.krn KONSUIL tak lain adalah wakil dari pelanngan listrik yg slama ini
plggan sllu di bodohi oleh phak instalatir,MAJU TERUS KONSUIL DEMI KESELAMATAN
MASYARAKAT KHUSUSNYA PLAGGAN LISTRIK>
shoim   |114.79.29.xxx |2012-04-27 18:08:34
sebenarnya pasang listrik thu murah asal semua bentuk usaha penunjang
berlaku transparan dalam harga,..lebih baik kalian sama2 membangun negeri ini
menuju lebih baik, ad pengerjaan ya ada pengawas/control toh smua jg bwt
kebaikan bersama dan konsumen jg terpuaskan,..gunakan kepandaian kalian unt
melindungi masyarakat, jng untuk membodohi mereka,..peace for all
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
 
:angry::0:confused::cheer:B):evil::silly::dry::lol::kiss::D:pinch:
:(:shock::X:side::):P:unsure::woohoo::huh::whistle:;):s
:!::?::idea::arrow:
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.
 

Gold Price Update

Gas Price Update

Artikel Terkait

Komentar

 

Berita Terkini

Menteri ESDM Dorong Investor Tingkatkan CSR 23 Mei 2012, 23.40 Administrator Nasional
Menteri ESDM Dorong Investor Tingkatkan CSR
Atasi Antrian BBM Menteri ESDM Akan Tambah Kuota 23 Mei 2012, 23.31 Administrator Utama
Atasi Antrian BBM Menteri ESDM Akan Tambah Kuota
DPR Pertanyakan Penyebab Kelangkaan BBM Di Kalimantan 23 Mei 2012, 23.29 Administrator Utama
DPR Pertanyakan Penyebab Kelangkaan BBM Di Kalimantan
David Lilley: PTNNT Bukan Perusahaan Smelter 22 Mei 2012, 20.16 Administrator Daerah
David Lilley: PTNNT Bukan Perusahaan Smelter
DPRD Kabupaten Sumbawa Siap Pasang Badan Tolak PTNNT 22 Mei 2012, 20.11 Administrator Daerah
DPRD Kabupaten Sumbawa Siap Pasang Badan Tolak PTNNT

Berita Terbaru

Last Update:
23-05-2012 16:40
[cached @15:50]